Beginilah Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita

Sippos: Artikel yang kami akan share kali ini adalah cara menghitung masa subur pada wanita. Masa subur merupakan sebuah masa dimana perempuan berada di tingkat kesuburan tertinggi. Banyak diantara wanita yang tidak mengetahui kapan masa suburnya, sehingga ketika sedang ingin cepat hamil akan terlihat hasil yang tidak maksimal.

Menghitung masa subur dengan siklus haid dengan sistem kalender merupakan salah satu cara atau metode kontrasepsi alami yang dapat dikerjakan sendiri oleh pasangan suami istri. Metode ini sangat efektif jika dilakukan dengan baik dan benar. Jika anda masih saja bingung bagaimana cara menghitung masa subur. Berikut di bawah ini cara menghitung masa subur, yuk simak:
cara-menghitung-masa-subur

Menentukan masa subur dengan siklus menstruasi
Untuk anda yang memiliki siklus menstruasi teratur setiap bulannya, maka masa subur anda adalah antara hari ke 10 sampai hari ke 16 setelah hari menstruasi terakhir dengan puncak masa subur di hari ke 13 setelah menstruasi.

Agar anda tidak bingung, misal jika hari terakhir anda menstruasi di bulan ini adalah pada tanggal 7, maka masa subur anda adalah di tanggal 17 sampai tanggal 23 dengan puncak masa subur pada tanggal 20 di bulan tersebut.

Nah untuk anda yang memiliki siklus haid yang tak teratur, cara menentukan masa subur adalah anda perlu mencatat siklus haid selama 6 bulan sebelumnya, dengan rumus penentuan masa subur di hari ke (siklus terpendek dikurangi 18) hingga hari ke (siklus terpanjang dikurangi 11), semoga anda mengrti dengan cara ini.

Perhatikan contoh pencatatan siklus haid di bawah ini:

Bulan 1 : siklus haid selama 30 hari
Bulan 2 : siklus haid selama 29 hari
Bulan 3 : siklus haid selama 33 hari (ini adalah contoh siklus terpanjang)
Bulan 4 : siklus haid selama 30 hari
Bulan 5 : siklus haid selama 28 hari (ini adalah contoh siklus terpendek)
Bulan 6 : siklus haid selama 31 hari.

Dari contoh diatas dapat kita ambil bahwa siklus tersingkat anda adalah 28 hari sedangkan siklus terlama adalah 33 hari, maka masa subur anda adalah antara

28 - 18 = hari ke 10 sampai 33 - 11 = hari ke 22.

Menentukan masa subur
Selain menggunakan metode kalender di atas, anda dapat mengenali masa subur dari tanda yang ditunjukkan oleh tubuh anda sendiri, diantaranya:

Perubahan kekentalan lendir dari area kewan!taan, perubahan ini dipicu oleh peningkatan hormon estr0gen. Untuk melakukan tes, basahi dan rekatkan ujung jari telunjuk dan jempol anda dengan cairan lendir rahim kemudian renggangkan sekitar 2 hingga 3 cm, jika lendir tersebut tidak terputus (kental) maka kemungkinan sekitar 80% anda berada pada masa subur. Terasa nyeri di bagian perut bawah dan peningkatan suhu tubuh dari suhu tubuh biasa.

Sebagai pasangan sumai istri ingin menggunakan metode siistem kalender, sangat pengting untuk anda kerjasama yang baik antara suami istri karena metode ini perlu kemauan dan disiplin pasangan dalam menjalankannya.

ref: www.nyanter.com

Itulah yang dapat kami share hari ini cara menghitung masa subur pada wanita. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk anda. Ingi tampil lebih pede tanpa jerawat, simak Cara Menghilangkan Jerawat.
Beginilah Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita | Sippos | Rate: 5